Thursday, 28 July 2016

Rancang Masa Depan dengan Tabungan Mapan CIMB Niaga

Menabung... mungkin istilah itu sudah sangat familiar bagi kita. Menabung adalah menyisihkan sebagian uang kita untuk memenuhi kebutuhan kita dimasa mendatang. Waktu kita kecil, kita menabung menggunakan celengan. Seiring dengan perkembangan zaman, cara menabung kita pun mulai berubah. Semua uang kita ditabung di bank. Niat awalnya memang bagus, mau nabung di bank. Tapi apa beneran nabung???
Kenyataannya, niat awalnya nabung duit di bank, terus lihat ada diskon baju, akhirnya mulai diambil sedikit demi sedikit. Taunya akhir bulan saldonya udah nipis aja. Pernah ngalamin? *itu aku sih.. hahahhaa...
Maklum aja, bank menawarkan fasilitas yang sangat memudahkan customernya, mulai dari atm... kita bisa sesuka hati ambil uang kita kapanpun kita mau. Ditambah lagi tuh atm bisa dipake buat kartu debit. Awalnya sih cuma lihat-lihat baju di toko, eh kepincut juga... akhirnya pake kartu debit kita buat bayar di kasir. Belum lagi godaan lain yang menerjang... wakaakka... kalo uang tabungan dibank dijadikan satu sama dana operasional hidup kita, pasti tuh tabungan keambil juga. Bener gak?
Berawal dari masalah itu, akhirnya aku mencari tahu tentang beberapa produk tabungan. Akhirnya nemu produk tabungan yang namanya Tabungan Mapan CIMB Niaga. Tabungan Mapan merupakan singkatan dari tabungan masa depan, tabungan ini termasuk tabungan berjangka. Bunga yang ditawarkan tabungan ini diatas tabungan biasa dan dibawah bunga deposito.
Tabungan Mapan mensyaratkan kita untuk punya rekening induk sebagai sumber dana yang akan di debet ke Rekening Tabungan Mapan. Akhirnya setelah mendapat informasi yang cukup, aku mulai membuka rekening CIMB Niaga Tabunganku. Lho kok Tabunganku? Iya, itu nama produk tabungannya. Tabunganku merupakan tabungan bebas biaya administrasi bulanan. Yakin gratis? Yakinlah... baca tentang produk CIMB Niaga Tabunganku selengkapnya disiniSetelah punya Tabunganku sebagai rekening induk, selanjutnya aku buka rekening Tabungan Mapan CIMB Niaga. 
Kenapa pilih Tabungan Mapan? Berawal dari masalah yang aku alami tadi, sebagai salah satu solusinya adalah buka rekening Tabungan Mapan. Seperti namanya, Tabungan Mapan adalah tabungan berjangka untuk mewujudkan rencana masa depan dengan sistem setoran rutin bulanan. Karena aku punya rencana untuk beberapa tahun kedepan, aku mulai menabung dari sekarang. Tabungan ini juga cocok buat yang punya rencana buat liburan, beli gadget, beli motor, dana nikah, dll.
Kelebihan Tabungan Mapan adalah kita wajib menabung setiap bulan, yang dananya diambil dari rekening induk. Dana akan di debet otomatis sesuai tanggal pendebetan yang kita pilih. Sifat tabungan ini adalah memaksa, mau tidak mau kita harus menabung setiap bulan. Apabila kita ada dana lebih, ingin menambah saldo Tabungan Mapan diluar tanggal pendebetan, kita juga bisa mentransfer dari rekening induk ke rekening Tabungan Mapan. Kalau waktu pendebetan di rekening induk tidak ada dana, dana akan dipotong secara otomatis setelah kita mengisi rekening induk, dan dikenakan biaya tunggakan Rp. 2500. Dan yang paling penting adalah, kita tidak bisa seenaknya mengambil dana yang telah kita tabung di Tabungan Mapan sesuka hati kita. Dana tersebut akan cair apabila sudah mencapai waktu yang kita tentukan (jatuh tempo). Kalau masih proses menabung sih kita kayak bayar kreditan, tapi setelah jatuh tempo, kita tinggal panen kayak dapet arisan, hehehhee... Bener-bener bikin disiplin nabung kan???
Pendaftaran Tabungan Mapan dapat dilakukan dengan datang langsung ke kantor CIMB Niaga terdekat di kotamu, atau melalui internet banking CIMB Clicks. Tabungan Mapan CIMB Niaga juga sama dengan produk tabungan berjangka di bank lain, tetapi kelebihan dari Tabungan Mapan CIMB Niaga adalah kita dapat memilih membuka Tabungan Mapan Waktu atau Mapan Dana.
Mapan Waktu berarti berpatokan pada waktu. Dana bisa cair apabila sudah jatuh tempo pada tanggal yang telah disepakati di awal pembukaan rekening. Sedangkan Mapan Dana adalah dana tersebut akan cair apabila sudah mencapai jumlah target yang telah disepakati di awal pembukaan rekening. Kita bebas menyetorkan dana berapa saja dan kapan saja, sampai target dana tercapai dan tidak dibatasi dengan waktu. Misalnya kita punya target dana Rp. 5.000.000, setiap bulan menabung Rp. 200.000. Baru sampai iuran bulan ke-5, kita dapat arisan Rp. 4.000.000,-, terus uang arisan tersebut kita transfer ke rekening Tabungan Mapan kita, otomatis target dana sudah terpenuhi dan dana bisa langsung cair ke rekening induk kita.
Selain terbagi menjadi Tabungan Mapan Waktu dan Mapan Dana, CIMB Niaga juga memberikan kebebasan kepada customer untuk memilih Tabungan Mapan dengan sistem syariah maupun non syariah.

Tabungan iB Mapan
Tabungan Mapan
Setoran rutin bulanan
Minimal Rp 100.000,-
Minimal Rp 100.000,-
Jangka waktu
Minimal 6 bulan
Minimal 6 bulan
Biaya administrasi
Rp 1.500,- per bulan, mulai dikenakan pada bulan ke-6 sejak pembukaan rekening
Rp 5.000,- per bulan, mulai dikenakan pada bulan ke-3 sejak pembukaan rekening
Biaya tunggakan
Rp 2.500,- per tunggakan setelah hari ke 59 atau setelah 2x gagal debet
Rp 2.500,- per tunggakan
Biaya Penalty Break
Rp 50.000,-
2.00% x saldo akhir untuk bunga fixed 1.00% x saldo akhir untuk bunga floating atau minimal Rp 50.000,- mana yang lebih besar.
Usia pada saat buka rekening
Minimal usia 18 tahun
Minimal usia 18 tahun
Perlindungan asuransi
- Usia 18 tahun - 58 tahun & maksimum usia penabung 60 tahun pada saat jatuh tempo
- Jangka waktu 2 - 20 tahun
- Usia penabung 18 - 60 tahun dengan ketentuan maksimum usia penabung 65 tahun pada saat jatuh tempo
- Jangka waktu 2 - 20 tahun
Brosur lengkap mengenai Tabungan iB Mapan bisa dilihat disini, Brosur Tabungan Mapan bisa dilihat disini.
Persyaratan membuka Tabungan Mapan :
  • Mengisi formulir pembukaan rekening Tabungan Mapan.
  • Fotokopi KTP.
  • Memiliki Tabungan CIMB Niaga Xtra/ Tabungan CIMB Niaga iB Xtra/ CIMB Preferred Account/ CIMB Niaga Private Banking Account/ Giro Perorangan/ Giro iB Perorangan/ CIMB Niaga AirAsia Savers/ Tabungan Usaha/ TabunganKu/ TabunganKu iB sebagai rekening sumber dana.
Waktu itu aku membuka rekening Tabungan Mapan via internet banking. Prosedur pendaftaran rekening Tabungan Mapan via internet bangking sebagai berikut :
1.   Login ke akun internet banking kita
2.   Pilih menu Home
3.   Pilih menu New Products & Services
4.   Pilih “Tabungan Mapan” atau “Tabungan Perencanaan Waktu IB”



5.    Isi formulir yang tersedia
formulir Tabungan Mapan

formulir Tabungan iB Mapan

6.   Pada kolom “First Installment Date” isikan tanggal kapan dana kita ingin di debet.
7.   Pada kolom “Payment Amount” isikan dana yang ingin kita tabung setiap bulannya, minimal Rp. 100.000,-
8.   Pada kolom “Payment Terms” pilih waktu yang kita inginkan berapa lama mau menabung
9.  Setelah semua kolom terisi, klik submit. Kemudian akan muncul notifikasi bahwa kita diminta datang ke kantor CIMB Niaga cabang terdekat untuk konfirmasi penempatan Tabungan Mapan.

Aku pilih Mapan Waktu dengan lama 3 tahun. Alhamdulillah sekarang sudah mencapai 11 bulan iuran. Semoga lancar sampai waktu jatuh tempo, aamiin. Oh iya, tujuanku membuka tabungan ini adalah untuk mendisiplinkan menabung setiap bulannya. Sebelum membuka tabungan ini, aku juga mempertimbangkan mengenai bunga dan biaya administrasi bulanannya. Kalau aku sih gak bertujuan buat dapat bunga, yang penting gak rugi aja, bunganya buat bayar admin bulanan. Sejauh ini aku merasa nyaman menggunakan produk Tabungan Mapan, ditambah lagi rekening induknya gak ada admin bulanannya... jadi lebih hemat. Hahhaha..
Rekening Tabungan Mapan bisa dipantau melalui CIMB Clicks, kita bisa melihat mutasi rekening induk dan mutasi rekening Tabungan Mapan.


Untuk teman-teman yang mau buka Tabungan Mapan, pertimbangkan baik-baik apa yang menjadi tujuan kita menabung. Semakin kuat tujuan kita, semakin kuat pula keinginan kita untuk menabung. Selain itu juga perlu dipertimbangkan berapa kemampuan dan kemauan kita untuk menyisihkan uang setiap bulannya. Dan yang paling penting, tentukan berapa lama waktu jatuh tempo yang kita inginkan.
CIMB Niaga sering mengadakan program Tabungan Mapan berhadiah, dengan ketentuan jumlah setoran awal dan masa setoran yang telah ditentukan CIMB Niaga.

         Tapi bijaklah dalam memilih, pilih produk tabungan yang sesuai dengan tujuan dan kemampuan kita. Jangan sampai menyesal di kemudian hari dan ujung-ujungnya mau nutup tabungan sebelum masa jatuh tempo. Hal ini tentu akan menimbukan kerugian, sebab akan dikenakan biaya pinalty. 
Jangan lupa, kita punya penjahat yang bernama inflasi. Akan lebih baik apabila tidak memilih waktu jatuh tempo yang terlampau lama. Kalau aku lebih memilih Tabungan Mapan Non-hadiah, sesuai dengan kemampuanku saja. Apabila target dana telah tercapai, segera gunakan untuk investasi.  

Tuesday, 26 July 2016

Pengalaman Mencairkan Saldo JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS Ketenagakerjaan

Ini kali pertama aku mencairkan JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS Ketenagakerjaan. Proses pencairan JHT dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu dengan mendatangi langsung kantor BPJS, atau bisa melalui e-klaim.

Sebelum melakukan klaim saldo JHT, sebaiknya semua persyaratan untuk pencairan dilengkapi terlebih dahulu. Adapun berkas-berkas persyaratannya sebagai berikut :
  1. Idetitas diri peserta, bisa menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau paspor.
  2. KK (Kartu Keluarga).
  3. Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  4. Paklaring / Surat pengalaman kerja yang dibuat oleh perusahaan tempat terakhir bekerja.
  5. Surat keterangan pengunduran diri dari perusahaan kepada disnaker. Surat ini juga diproses oleh pihak perusahaan, kemudian kita akan diberi fotokopi suratnya.
  6. Buku Tabungan.


Untuk proses klaim dengan cara manual, maka semua persyaratan tersebut harus difotokopi masing-masing sebanyak 1 kali. Sedangkan untuk proses klaim melalui e-klaim, semua berkas tersebut harus di scan/ foto terlebih dahulu. Berkas persyaratan yang diajukan dalam proses e-klaim hanya dapat diterima dengan format *.jpg *.jpeg *.png *.bmp *.pdf. Dan yang PALING PENTING!!!!, hahahha, (biar gak lupa) pada saat mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan, semua berkas persyaratan klaim yang ASLI harus dibawa.

Akhirnya aku berniat mencoba melakukan klaim via e-klaim. Sebelum proses e-klaim dilakukan, kita harus login dulu di akun bpjstk. Kalau belum punya akun bpjstk harus daftar dulu, cek disini untuk prosedur pendaftarannya.
Berikut prosedur klaim JHT melalui e-klaim :
1. Login ke akun BPJSTK
2. Pilih menu e-klaim
3. Pilih pengajuan klaim
4. Pilih jenis klaim
5. Klik submit form


Apabila klaim sudah dapat dilakukan, maka akan muncul keterangan “proses klaim dapat dilanjutkan”, kemudian klik lanjutkan. Untuk klaim dapat dilakukan dengan masa tunggu  1 bulan setelah resign. Apabila pengajuan klaim belum genap  1 bulan, akan muncul keterangan belum genap 1 bulan.

Selanjutnya isi formulirnya. Pilih cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota kita, lanjutkan dengan mengisi data rekening dan upload data yang dibutuhkan. 



Pada proses e-klaim, peserta diwajibkan untuk memasukkan PIN sebagai konfirmasi. PIN akan dikirim melalui sms atau email yang terdaftar pada akun bpjstk kita. Apabila PIN belum diterima, tunggulah beberapa saat.  

Apabila proses klaim sudah masuk, akan muncul notifikasi di email tentang klaim yang telah kita ajukan. 
Selama proses pengajuan klaim, kita bisa memantau proses klaim yang kita ajukan dengan masuk di akun bpjtk kita, kemudian pilih cek status klaim.



Aku mengajuan klaim melalui e-klaim pada tanggal 1 Juli 2016, dan itu merupakan hari kerja terakhir BPJS Ketenagakerjaan sebelum libur lebaran 2016. Senin, 11 Juli 2016 seluruh kantor BPJS sudah beroperasi normal, sorenya aku mendapat email kalau e-klaimku ditolak dengan alasan belum melampirkan surat pengalaman kerja.

Selasa, 12 Juli 2016 aku datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Blitar untuk konfirmasi mengenai status klaim JHT ku. Infomasi dari petugas, memang tidak ada kolom khusus untuk upload surat pengalaman kerja, sehingga surat pengalaman kerja dapat di upload jadi satu dengan surat keterangan dari disnaker dalam format .pdf.
Petugas kemudian menyarankan aku untuk klaim secara manual agar lebih cepat, karena kebetulan semua persyaratan dan salinan sudah aku bawa. Disana aku cuma diminta untuk mengisi form pengajuan klaim JHT. Dan akhirnya tanggal 14 Juli 2016, saldo JHT ku sudah di transfer ke rekeningku.
Pengalamanku klaim pakai e-klaim kelihatannya ribet n lama ya? padahal enggak kok, simpel bgt... itu kelihatan lama karena ada jeda libur lebaran. Biasaya H+1 pengajuan e-klaim, kita sudah dapat jawaban via email apakah klaim diterima atau ditolak.
Mudah bukan??? Mau yang mana? Klaim secara manual atau melalui e-klaim? Semua cepet kok, asalkan persyaratannya lengkap. 
Yang belum klaim saldo JHTnya, cepetan diurus saja. Syaratnya mudah, dan ngurusnya juga gak ribet. Tapi ingat, fungsi dari dana JHT adalah untuk masa tua kita, so.. gunakan dana tersebut secara bijak. Alangkah lebih baik apabila dana tersebut digunakan untuk investasi, sehingga kita tinggal memetik hasilnya di masa tu.




Friday, 22 April 2016

Cara Mudah Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan merupakan BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraannya menggunakan mekanisme asuransi sosial.

Sebagai Lembaga Negara yang bergerak dalam bidang asuransi sosial BPJS Ketenagakerjaan yang dahulu bernama PT Jamsostek (Persero) merupakan pelaksana undang-undang jaminan sosial tenaga kerja.

Terdapat beberapa program yang diberikan kepada pesertanya, yaitu JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian), JHT (Jaminan Hari Tua), dan JP (Jaminan Pensiun). Adapun informasi lengkap mengenai program BPJS Ketenagakerjaan dapat dilihat disini.

Pada postingan kali ini, saya ingin sharing cara cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan. 

Langkah pertama adalah membuat akun BPJS Kepesertaan anda.
1. Masuk ke website BPJS Ketenagakerjaan di
    http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
2. Klik pada tulisan "Tenagakerja"


3. Klik registrasi


4. Isi identitas sesuai form yang tersedia


5. Klik submit data

Anda akan menerima email dari BPJS Ketenagakerjaan berupa pin untuk verifikasi . Setelah akun aktif, segera login di akun BPJS Ketenagakerjaan anda. Login dapat dilakukan dengan memasukkan user ID, nomor e-KTP maupun email.



Gini nih tampilannya setelah login. Dengan akun ini, anda dapat mengecek profil, mengecek jumlah saldo JHT, mengecek rincian saldo JHT tahunan, melakukan simulasi perhitungan JHT, dan pencairan saldo JHT melalui e-klaim.


Selain bisa mengecek saldo melalui website BPJS Ketenagakerjaan, peserta juga dapat menginstall aplikasi BPJSTK Mobile dengan mendownload di playstore. Setelah aplikasi terinstall, anda tinggal login dan anda pun bisa mengecek saldo JHT setiap saat.

by : Peny Asti






Tuesday, 12 April 2016

Tabungan Emas Pegadaian, Solusi Investasi Emas Rp. 5000-an

Emas merupakan barang yang sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. Betapa tidak, Indonesia memiliki beberapa tambang emas yang cukup banyak, dan terbesar ada di Papua yang dikelola oleh PT. Freeport. Pada Maret 1973, Presiden Soeharto meninjau daerah operasi Freeport dan memberikan nama Tembagapura untuk kota baru Freeport.
Memiliki tambang emas bukan berarti masyarakat Indonesia sudah hidup sejahtera. Emas dinilai sebagai barang mewah, namun masyarakat tetap berusaha membeli sebagai salah satu sarana investasi. Investasi emas sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. Investasi emas dirasa menguntungkan karena tahan terhadap inflasi, sangat likuid (mudah dicairkan) dan bisa dibeli dalam jumlah kecil, tidak seperti properti yang membutuhkan modal sangat besar dan ketika kita butuh uang, membutuhkan waktu untuk mencairkan.
Sebagai seorang ibu rumah tangga, investasi emas bagiku bukanlah hal yang mudah. Seringkali uang bulanan yang sudah dibagi kedalam beberapa pos dirasa tidak memungkinkan untuk melakukan investasi. Daripada uang disimpan dalam bentuk tabungan, pasti akan terkena inflasi. Emas adalah salah satu investasi yang tahan inflasi, bahkan setiap tahun harga emas cenderung naik. Dengan alasan untuk sebagai tabungan masa depan, aku mulai nekat menyisihkan uang bulanan.
Untuk mewujudkan keinginan berinvestasi emas ternyata juga tidak semudah yang aku bayangkan. Apabila kita ingin berinvestasi emas logam mulia 24 karat, kita harus membeli dalam ukuran gram yang setidaknya diatas 5 gram agar tidak terlalu boros terkena biaya cetak, sedangkan emas dengan berat 5 gram dijual oleh PT. Antam dengan kisaran harga 2,7 juta.  Belum lagi aku tinggal di sebuah kota kecil, disini tidak ada Butik Emas Antam, sehingga untuk melakukan  pembelian emas antam, bisa dilakukan di toko emas terdekat namun yang tersedia besarannya adalah 10 gram, dengan harga sekitar 5,3 juta. Wooww... butuh perjuangan yang lebih bagiku untuk mengumpulkan uang dengan jumlah itu. Ditambah lagi investasi emas bukanlah investasi dalam waktu singkat, maka dana yang digunakan sebaiknya dana yang tidak digunakan dalam waktu 1-3 tahun, karena jika emas dijual dalam waktu singkat, tentu kita akan rugi.
Update harga emas antam tanggal 6 April 2015 (www.logammulia.com)


 Permasalahan itu akhirnya terjawab dengan diluncurkannya produk TABUNGAN EMAS oleh PT. Pegadaian pada akhir 2015. Sebelumnya informasi tentang produk tabungan emas ini aku dapat melalui ebook dan dvd yang aku beli dari Ippho Santosa, penulis 1 juta eksemplar 7 keajaiban rezeki dan motivator di 4 Benua.
Tabungan Emas Pegadaian adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas.
Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan pegadaian melalui produk tabungan emas, yaitu :
1. Pegadaian Tabungan Emas tersedia di Kantor Cabang diseluruh Indonesia.
2. Pembelian emas denganharga terjangkau, mulai dari berat 0,01 gram seharga 
    Rp. 5000-an.
3. Layanan petugas yang profesional.
4. Alternatif investasi yang aman untuk menjaga portofolio aset.
5. Mudah dan cepat dicairkan untuk memenuhi kebutuhan dana.

Akhirnya Rabu, 6 April 2016 aku membuka rekening tabungan emas di pegadaian cabang Blitar. Ya... itu pertama kalinya aku datang ke pegadaian. Kedatanganku disambut oleh security yang kemudian mengarahkan untuk mengambil nomor antrian. Aku sudah antri sejak pukul 07.30, karena memang pelayanan dibuka pada jam tersebut. Setelah mengutarakan niatku untuk membuka rekening tabungan emas, aku diarahkan ke ruang tamu untuk mengisi beberapa formulir.
Untuk membuka rekening tabungan emas syaratnya sangat mudah, yaitu membawa kartu identitas (KTP/SIM/Paspor), membayar biaya administrasi sebesar Rp. 5000,-, materai 6000, membayar biaya fasilitas titipan selama 1 tahun Rp. 30.000, dan uang setoran awal pembukaan rekening. Sewaktu pembukaan rekening kemarin, biaya titipan ini masih free karena program ini masih baru launching, sehingga biaya titipan baru dikenakan tahun depan. Alhamdulillah, lumayan nih dapet gratisan, hihihi...



Pada saat pembukaan rekening, harga jual dari pegadaian Rp. 5.320,- untuk pecahan 0,01 gram, atau sebesar Rp. 532.000 untuk pecahan 1 gram. Aku memutuskan untuk membeli dengan nominal Rp. 150.000, tetapi mendapatkan emas dengan berat 0,28195.. karena hasilnya tidak bulat, akhirnya petugas menyarankan untuk menambah uang sebesar Rp. 4.280,- sehingga total uang pembelian adalah Rp. 154.280,- dan mendapatkan emas seberat 0,29 gram. Untuk perhitungannya begini nih...
                                        154.280 = 0,29
                                        532.000

Selain dapat membeli emas sesuai dengan kemampuan, kelebihan tabungan emas adalah dapat dijual kembali ke PT. Pegadaian. Pegadaian akan membeli emas kita sesuai harga beli yang sedang berlaku pada hari itu. Ketentuan emas yang dijual minimal adalah seberat 1 gram emas dan saldo rekening minimal sebesar 0,01 gram.
Sedangkan untuk nasabah yang menghendaki fisik emas, dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr dengan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih. Nasabah tabungan emas juga dapat memilih fisik emas batangan merk antam ataupun pegadaian. Apabila nasabah tidak ingin mencetak fisik emas, tabungan ini juga bisa disimpan dalam bentuk saldo emas.
Informasi yang aku peroleh dari petugas pegadaian, sementara ini penyetoran hanya bisa dilakukan di kantor cabang pegadaian yang sudah melayani tabungan emas. Tabungan emas sementara ini juga belum dapat digadaikan, tapi layaknya tabungan biasa, tabungan emas dapat di transfer ke rekening lain dengan nilai transfer minimal 1 gram emas.
Walaupun namanya tabungan emas, tapi prinsip sebenarnya adalah jual/beli emas. Disebut sebagai tabungan emas karena memang kita seperti menabung, namun dalam bentuk emas.
Bagaimana, anda tertarik untuk memulai investasi emas???

By : Peny Asti


## informasi tentang produk tabungan emas pegadaian bisa diakses di website pegadaian disini ##

Wednesday, 23 September 2015

TabunganKu, tabungan tanpa biaya administasi bulanan

Menabung merupakan kebutuhan setiap orang. Kenapa aku sebut kebutuhan, karena suatu saat kita akan membutuhkan dana yang tak terduga atau mungkin jika kita punya rencara kedepan seperti beli gadget, berlibur, dana pendidikan, atau menikah tentu memerlukan dana yang tidak sedikit, dari situlah aku sebut menabung sebagai suatu kebutuhan.

Siapa bilang nabung itu gampang? susah gaess... hehehe... niatnya sih mau nabung, tapi keinginan buat belanja ini itu gak bisa dibendung, belum lagi biaya administrasi bulanan bank yang gak murah yang akhirnya menguras isi tabungan yang gak seberapa, tentunya itu bikin niatan nabung jadi luntur, hihihihihii...

Kita patut berterimakasih kepada Bapak SBY, (lhoh kenapa)??? Karena pada waktu era pemerintahan SBY, tepatnya pada tanggal 20 Februari 2010 dicanangkan Kegiatan Edukasi Keuangan dan Kampanye Gerakan Indonesia Menabung (GIM) oleh Presiden Republik Indonesia dan Gubernur Bank Indonesia. Pencanangan GIM dilakukan bersamaan dengan peluncuran produk TabunganKu.
 
TabunganKu adalah tabungan dengan persyaratan mudah dan ringan, antara lain tidak dibebani dengan biaya administrasi. Produk TabunganKu diselenggarakan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia guna menumbuhkan budaya menabung. TabunganKu diharapkan dapat menjangkau penduduk dewasa Indonesia yang belum memiliki tabungan di bank. Program TabunganKu merupakan perwujudan kepedulian perbankan dan Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk tabungan yang sesuai dan sebagai salah satu untuk meningkatkan budaya menabung.
 
Fitur produk TabunganKu dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu:
1. Fitur Standard (Mandatory) adalah fitur produk TabunganKu yang harus diterapkan secara seragam oleh seluruh bank yang meluncurkan produk TabunganKu, yaitu: tabel tabunganku.png  
*)  Rekening Dorman adalah rekening yang tidak melakukan transaksi selama 6 (enam) bulan berturut-turut. Apabila saldo rekening mencapai < Rp20.000,00 (Bank Umum) atau < Rp10.000,00 (BPR/Syariah), maka rekening akan ditutup oleh sistem dengan biaya penutupan rekening sebesar sisa saldo.
**) Bunga/Bonus Wadiah dihitung berdasarkan saldo harian dan tidak progresif dan dibayarkan mengikuti periode pembayaran masing-masing bank.

2. Fitur Customized (Optional) adalah fitur produk TabunganKu yang dapat dipilih untuk diterapkan oleh bank. Bank dapat memberikan tambahan fitur lainnya kepada produk TabunganKu seperti buku tabungan, lembar statement, kartu ATM atau layanan jasa perbankan lainnya, selama tidak melanggar kesepakatan bersama. (Sumber : http://www.bi.go.id)

Buat temen-temen yang ingin tahu tentang produk TabunganKu bisa download disini
Oh iya, untuk diketahui saja, produk TabunganKu ini melibatkan banyak bank dan BPR, diantaranya adalah Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, Danamon, CIMB Niaga, Panin Bank, Bank Permata, BII, BTN, Bank Mega, BPD, dsb.

Meskipun produk TabunganKu tersedia di hampir seluruh bank, namun fasilitas yang ditawarkan pun tidak sama. Seperti yang aku sampaikan di atas, untuk fitur standart semua bank sama, tetapi untuk fitur customized tergantung kebijkaan masing-masing bank. Ada sebagian bank yang hanya ingin mengikuti program dari pemerintah sehingga mereka tidak terlalu serius memberikan layanan yang lengkap pada produk TabunganKu milik mereka.

Setelah lama memilih, memilah, menimbang, akhirnya aku buka 2 rekening TabunganKu yang menurutku sesuai kebutuhkanku. Pertama adalah tanggal 28 Agustus 2015 kemarin aku buka BNI TabunganKu. Fitur yang ditawarkan untuk BNI TabunganKu adalah :

KEUNGGULAN
  • Setoran awal dan saldo minimal hanya Rp 20.000,-.
  • Mendapatkan fasilitas kartu dengan limit belanja, tarik tunai dan transfer antar rekening BNI masing-masing sebesar Rp.1.000.000,- per hari.
  • Kartu dapat digunakan di seluruh jaringan BNI ATM, ATM Bersama, Link dan ATM Prima.
  • Bebas biaya administrasi bulanan, biaya kartu dan biaya penggantian buku TabunganKu.
  • Transaksi penyetoran tunai dapat dilakukan setiap saat melalui teller Kantor Cabang BNI yang  tersebar di seluruh Indonesia.
  • Transaksi penarikan tunai dapat dilakukan setiap saat melalui teller di Kantor Cabang BNI tempat pembukaan rekening tanpa dikenakan biaya penarikan untuk 2 (dua) kali transaksi per bulan, transaksi penarikan ke-3 dan seterusnya dikenakan dikenakan Rp.1.000,-./transaksi.

  PERSYARATAN

  • Mengisi formulir permohonan dan menyerahkan copy identitas diri yang masih berlaku.
  • 1 (satu) orang hanya bisa memiliki 1 (satu) rekening, kecuali bagi orang tua yang membuka rekening untuk anak yang masih dibawah umur.
  • Tidak diperkenankan untuk rekening bersama dengan status “dan/atau”.

  BIAYA
  • Pada saat pembukaan rekening akan dikenakan biaya materai sebesar RP. 6000 
  • Rekening yang tidak ada transaksi selama 6 (enam) bulan berturut-turut (dorman) dikenakan biaya Rp 2.000,-./bulan 
  • Rekening dorman dengan saldo ≤ Rp 20.000,-., maka rekening akan ditutup oleh system dengan biaya penutupan rekening sebesar sisa saldo. 
  • Penutupan Rekening atas permintaan nasabah dikenakan biaya Rp.20.000,-
Kartu ATM BNI TabunganKu baru jadi dalam waktu 2 minggu setelah pembukaan rekening. Lamaaaaa bangettttt..... Rekening BNI TabunganKu ini tidak ada fasilitas sms banking & phone banking., sedangkan untuk fasilitas internet banking hanya bisa digunakan untuk cek saldo saja. Sayangnya internet banking Tabungan milikku bermasalah. Ketika aku konsultasi dengan CS BNI sampai telepon sebanyak 5 kali di 150046, tidak ada tanggapan positif, bahkan ketika aku ke BNI cabang terdekat justru disampaikan bahwa BNI TabunganKu tidak bisa internet banking. Sangat-sangat kecewa dengan pelayanan dari BNI. Padahal banyak teman-temanku yang membuka BNI TabunganKu dan mereka bisa menikmati fasilitas internet banking meskipun hanya untuk cek saldo.

#UPDATE : per 1 Oktober 2015 BNI tidak memberikan fasilitas ATM dan internet banking bagi nasabah rekening tabunganku. Jadi kalo masa kartu ATM yang cuma 5 tahun itu udah habis, ya... mending buka rekening tabunganku di bank lain.. hihihihi...


#UPDATE :
info dari visitor blog ini menyampaikan pada comment 25 Mei 2016 tentang pengalaman membuka rekening BNI Tabunganku. Pihak customer service yang menyatakan bahwa, per Oktober 2015, produk tabunganku di BNI "TIDAK DIBUKA UNTUK UMUM" .


Customer Service juga memberi info bahwa jika ingin membuka produk tabunganku hanya dapat diproses jika:
1. Institusi tempat anda bekerja, ada kerjasama dengan pihak bank BNI
2. Adanya rujukan dari pihak-pihak terkait mengenai masalah pendanaan


Gini nih penampakan buku tabungan dan ATM-nya...






Berikutnya pada tanggal 16 September 2015 aku buka rekening CIMB Niaga TabunganKu.Buka rekening banyak bukan karena banyak duit gaes, cuma menyisihkan uang sesuai pos-nya... mumpung gak ada admin bulanan kan lumayan tuh... :D
CIMB Niaga TabunganKu bisa dibilang bank dengan produk TabunganKu dengan fasilitas komplit dan gak setengah-setengah, hehhehe...
Biaya-biaya
Biaya yang harus dikeluarkan saat membuka  CIMB Niaga TabunganKu adalah :
  • Saat mendaftar atau membuka rekening di kantor cabang. Biaya yang dikeluarkan sedikitnya adalah Rp. 26.000 dengan rincian: Rp. 20.000 setoran awal yang sifatnya wajib, dan biaya beli materai Rp. 6.000.
  • Setoran selanjutnya minimal Rp. 10.000. Maksudnya jika anda mau menabung maka minimal anda boleh menabung dengan Rp. 10.000 sampai tidak terhingga.
  • Untuk biaya bulanan atau biaya administrasi bulanan adalah gratis alias tanpa ada pungutan setiap bulannya. Akan tetapi apabila anda tidak melakukan transaksi selama 6 bulan, maka setelahnya anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 2.000 perbulan.
  • Gratis mendapatkan kartu ATM dan Passbook/buku tabungan.

Fitur dan fasilitas TabunganKu CIMB Niaga
  1. Ada fasilitas eBanking seperti Internet Banking, Mobile Banking, Phone Banking.
  2. Akses internet banking yang sangat sangat aman konon termasuk web ibanking terbaik yang ekstra protect dibandingkan dengan situs ibanking yang lainnya.
  3. Kartu ATM-nya yang sudah bisa digunakan sebagai kertu debit
  4. Kemudahan dalam pembayaran dan pembelian ke berbagai merchant
  5. Transaksi penarikan tunai dapat dilakukan di teller atau pun ATM tanpa dikenakan biaya dan tidak ada batasan penarikan tunai.
Gini nih penampakan ATM dan buku rekening CIMB Niaga TabunganKu... oh iya, untuk ATM CIMB Niaga sudah ada chip-nya, katanya sih lebih aman dari bahaya skimming ATM.







#UPDATE :
info dari visitor blog @Dhan Fsy pada 17 Mei 2016, untuk tabunganku CIMB Niaga tidak ada buku tabungan. jadi kalau perlu cetak mutasi rekening bisa minta rekening koran ke bank atau cetak mutasi rekening via internet banking.


Untuk teman-teman yang mengharapkan bunga yang besar, sepertinya ga cocok kalo pake TabunganKu, karena TabunganKu hanya memberikan bunga sebesar 1% per tahun untuk saldo di atas Rp. 1.000.000,-
Gimana, minat buka TabunganKu kan??

Note :
Aku nulis tentang BNI TabunganKu dan CIMB Niaga TabunganKu bukan karena aku bagian dari bank itu, dan aku gak dibayar buat nulis ini. Aku nulis ini buat berbagi pengalamanku ke temen-temen, biar gak takut lagi sama yang namanya nabung, biar gak takut lagi uang kekuras habis gara-gara admin bulanan bank. hehehe...
Selamat menabung,,,,,

by : Peny Asti




 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews