Thursday, 28 July 2016

Rancang Masa Depan dengan Tabungan Mapan CIMB Niaga

Menabung... mungkin istilah itu sudah sangat familiar bagi kita. Menabung adalah menyisihkan sebagian uang kita untuk memenuhi kebutuhan kita dimasa mendatang. Waktu kita kecil, kita menabung menggunakan celengan. Seiring dengan perkembangan zaman, cara menabung kita pun mulai berubah. Semua uang kita ditabung di bank. Niat awalnya memang bagus, mau nabung di bank. Tapi apa beneran nabung???
Kenyataannya, niat awalnya nabung duit di bank, terus lihat ada diskon baju, akhirnya mulai diambil sedikit demi sedikit. Taunya akhir bulan saldonya udah nipis aja. Pernah ngalamin? *itu aku sih.. hahahhaa...
Maklum aja, bank menawarkan fasilitas yang sangat memudahkan customernya, mulai dari atm... kita bisa sesuka hati ambil uang kita kapanpun kita mau. Ditambah lagi tuh atm bisa dipake buat kartu debit. Awalnya sih cuma lihat-lihat baju di toko, eh kepincut juga... akhirnya pake kartu debit kita buat bayar di kasir. Belum lagi godaan lain yang menerjang... wakaakka... kalo uang tabungan dibank dijadikan satu sama dana operasional hidup kita, pasti tuh tabungan keambil juga. Bener gak?
Berawal dari masalah itu, akhirnya aku mencari tahu tentang beberapa produk tabungan. Akhirnya nemu produk tabungan yang namanya Tabungan Mapan CIMB Niaga. Tabungan Mapan merupakan singkatan dari tabungan masa depan, tabungan ini termasuk tabungan berjangka. Bunga yang ditawarkan tabungan ini diatas tabungan biasa dan dibawah bunga deposito.
Tabungan Mapan mensyaratkan kita untuk punya rekening induk sebagai sumber dana yang akan di debet ke Rekening Tabungan Mapan. Akhirnya setelah mendapat informasi yang cukup, aku mulai membuka rekening CIMB Niaga Tabunganku. Lho kok Tabunganku? Iya, itu nama produk tabungannya. Tabunganku merupakan tabungan bebas biaya administrasi bulanan. Yakin gratis? Yakinlah... baca tentang produk CIMB Niaga Tabunganku selengkapnya disiniSetelah punya Tabunganku sebagai rekening induk, selanjutnya aku buka rekening Tabungan Mapan CIMB Niaga. 
Kenapa pilih Tabungan Mapan? Berawal dari masalah yang aku alami tadi, sebagai salah satu solusinya adalah buka rekening Tabungan Mapan. Seperti namanya, Tabungan Mapan adalah tabungan berjangka untuk mewujudkan rencana masa depan dengan sistem setoran rutin bulanan. Karena aku punya rencana untuk beberapa tahun kedepan, aku mulai menabung dari sekarang. Tabungan ini juga cocok buat yang punya rencana buat liburan, beli gadget, beli motor, dana nikah, dll.
Kelebihan Tabungan Mapan adalah kita wajib menabung setiap bulan, yang dananya diambil dari rekening induk. Dana akan di debet otomatis sesuai tanggal pendebetan yang kita pilih. Sifat tabungan ini adalah memaksa, mau tidak mau kita harus menabung setiap bulan. Apabila kita ada dana lebih, ingin menambah saldo Tabungan Mapan diluar tanggal pendebetan, kita juga bisa mentransfer dari rekening induk ke rekening Tabungan Mapan. Kalau waktu pendebetan di rekening induk tidak ada dana, dana akan dipotong secara otomatis setelah kita mengisi rekening induk, dan dikenakan biaya tunggakan Rp. 2500. Dan yang paling penting adalah, kita tidak bisa seenaknya mengambil dana yang telah kita tabung di Tabungan Mapan sesuka hati kita. Dana tersebut akan cair apabila sudah mencapai waktu yang kita tentukan (jatuh tempo). Kalau masih proses menabung sih kita kayak bayar kreditan, tapi setelah jatuh tempo, kita tinggal panen kayak dapet arisan, hehehhee... Bener-bener bikin disiplin nabung kan???
Pendaftaran Tabungan Mapan dapat dilakukan dengan datang langsung ke kantor CIMB Niaga terdekat di kotamu, atau melalui internet banking CIMB Clicks. Tabungan Mapan CIMB Niaga juga sama dengan produk tabungan berjangka di bank lain, tetapi kelebihan dari Tabungan Mapan CIMB Niaga adalah kita dapat memilih membuka Tabungan Mapan Waktu atau Mapan Dana.
Mapan Waktu berarti berpatokan pada waktu. Dana bisa cair apabila sudah jatuh tempo pada tanggal yang telah disepakati di awal pembukaan rekening. Sedangkan Mapan Dana adalah dana tersebut akan cair apabila sudah mencapai jumlah target yang telah disepakati di awal pembukaan rekening. Kita bebas menyetorkan dana berapa saja dan kapan saja, sampai target dana tercapai dan tidak dibatasi dengan waktu. Misalnya kita punya target dana Rp. 5.000.000, setiap bulan menabung Rp. 200.000. Baru sampai iuran bulan ke-5, kita dapat arisan Rp. 4.000.000,-, terus uang arisan tersebut kita transfer ke rekening Tabungan Mapan kita, otomatis target dana sudah terpenuhi dan dana bisa langsung cair ke rekening induk kita.
Selain terbagi menjadi Tabungan Mapan Waktu dan Mapan Dana, CIMB Niaga juga memberikan kebebasan kepada customer untuk memilih Tabungan Mapan dengan sistem syariah maupun non syariah.

Tabungan iB Mapan
Tabungan Mapan
Setoran rutin bulanan
Minimal Rp 100.000,-
Minimal Rp 100.000,-
Jangka waktu
Minimal 6 bulan
Minimal 6 bulan
Biaya administrasi
Rp 1.500,- per bulan, mulai dikenakan pada bulan ke-6 sejak pembukaan rekening
Rp 5.000,- per bulan, mulai dikenakan pada bulan ke-3 sejak pembukaan rekening
Biaya tunggakan
Rp 2.500,- per tunggakan setelah hari ke 59 atau setelah 2x gagal debet
Rp 2.500,- per tunggakan
Biaya Penalty Break
Rp 50.000,-
2.00% x saldo akhir untuk bunga fixed 1.00% x saldo akhir untuk bunga floating atau minimal Rp 50.000,- mana yang lebih besar.
Usia pada saat buka rekening
Minimal usia 18 tahun
Minimal usia 18 tahun
Perlindungan asuransi
- Usia 18 tahun - 58 tahun & maksimum usia penabung 60 tahun pada saat jatuh tempo
- Jangka waktu 2 - 20 tahun
- Usia penabung 18 - 60 tahun dengan ketentuan maksimum usia penabung 65 tahun pada saat jatuh tempo
- Jangka waktu 2 - 20 tahun
Brosur lengkap mengenai Tabungan iB Mapan bisa dilihat disini, Brosur Tabungan Mapan bisa dilihat disini.
Persyaratan membuka Tabungan Mapan :
  • Mengisi formulir pembukaan rekening Tabungan Mapan.
  • Fotokopi KTP.
  • Memiliki Tabungan CIMB Niaga Xtra/ Tabungan CIMB Niaga iB Xtra/ CIMB Preferred Account/ CIMB Niaga Private Banking Account/ Giro Perorangan/ Giro iB Perorangan/ CIMB Niaga AirAsia Savers/ Tabungan Usaha/ TabunganKu/ TabunganKu iB sebagai rekening sumber dana.
Waktu itu aku membuka rekening Tabungan Mapan via internet banking. Prosedur pendaftaran rekening Tabungan Mapan via internet bangking sebagai berikut :
1.   Login ke akun internet banking kita
2.   Pilih menu Home
3.   Pilih menu New Products & Services
4.   Pilih “Tabungan Mapan” atau “Tabungan Perencanaan Waktu IB”



5.    Isi formulir yang tersedia
formulir Tabungan Mapan

formulir Tabungan iB Mapan

6.   Pada kolom “First Installment Date” isikan tanggal kapan dana kita ingin di debet.
7.   Pada kolom “Payment Amount” isikan dana yang ingin kita tabung setiap bulannya, minimal Rp. 100.000,-
8.   Pada kolom “Payment Terms” pilih waktu yang kita inginkan berapa lama mau menabung
9.  Setelah semua kolom terisi, klik submit. Kemudian akan muncul notifikasi bahwa kita diminta datang ke kantor CIMB Niaga cabang terdekat untuk konfirmasi penempatan Tabungan Mapan.

Aku pilih Mapan Waktu dengan lama 3 tahun. Alhamdulillah sekarang sudah mencapai 11 bulan iuran. Semoga lancar sampai waktu jatuh tempo, aamiin. Oh iya, tujuanku membuka tabungan ini adalah untuk mendisiplinkan menabung setiap bulannya. Sebelum membuka tabungan ini, aku juga mempertimbangkan mengenai bunga dan biaya administrasi bulanannya. Kalau aku sih gak bertujuan buat dapat bunga, yang penting gak rugi aja, bunganya buat bayar admin bulanan. Sejauh ini aku merasa nyaman menggunakan produk Tabungan Mapan, ditambah lagi rekening induknya gak ada admin bulanannya... jadi lebih hemat. Hahhaha..
Rekening Tabungan Mapan bisa dipantau melalui CIMB Clicks, kita bisa melihat mutasi rekening induk dan mutasi rekening Tabungan Mapan.


Untuk teman-teman yang mau buka Tabungan Mapan, pertimbangkan baik-baik apa yang menjadi tujuan kita menabung. Semakin kuat tujuan kita, semakin kuat pula keinginan kita untuk menabung. Selain itu juga perlu dipertimbangkan berapa kemampuan dan kemauan kita untuk menyisihkan uang setiap bulannya. Dan yang paling penting, tentukan berapa lama waktu jatuh tempo yang kita inginkan.
CIMB Niaga sering mengadakan program Tabungan Mapan berhadiah, dengan ketentuan jumlah setoran awal dan masa setoran yang telah ditentukan CIMB Niaga.

         Tapi bijaklah dalam memilih, pilih produk tabungan yang sesuai dengan tujuan dan kemampuan kita. Jangan sampai menyesal di kemudian hari dan ujung-ujungnya mau nutup tabungan sebelum masa jatuh tempo. Hal ini tentu akan menimbukan kerugian, sebab akan dikenakan biaya pinalty. 
Jangan lupa, kita punya penjahat yang bernama inflasi. Akan lebih baik apabila tidak memilih waktu jatuh tempo yang terlampau lama. Kalau aku lebih memilih Tabungan Mapan Non-hadiah, sesuai dengan kemampuanku saja. Apabila target dana telah tercapai, segera gunakan untuk investasi.  
Reaksi:

32 komentar:

Arai Ardiansah said... Reply Comment

Apa dana yang sudah disetor bisa diambil sebelum jatuh tempo?

peny asti said... Reply Comment

@Arai Ardiansah:

dana yang sudah disetor bisa diambil sebelum waktu jatuh tempo, tapi dikenakan biaya penalty break.
besar biaya penalty break adalah :
2.00% x saldo akhir untuk bunga fixed
1.00% x saldo akhir untuk bunga floating
atau minimal Rp 50.000,- mana yang lebih besar.
info lengkapnya bisa dilihat di pdf yang sy cantumkan di artikel diatas ya.. thank you

mogamugi said... Reply Comment

Oh ada biaya admnya ya mas, kirain ga ada kaya tabungan mandiri rencana

peny asti said... Reply Comment

@mogamugi:

ada biaya adminnya, kalo yg syariah 2500, yg reguler 5000.

yunus mustari said... Reply Comment

Saya punya tabungan mapan berhadiah jangka waktu 3 tahun.dan sdh berjalan hampir 3 tahun,sisa 2 bulan lg baru cair.tp saya ada keperluan mendesak saat ini.kira2 klw sy cairkan berapa pinalti dan dendanya.mkasi...

peny asti said... Reply Comment

Kalo 3 tahun kayaknya ikut bunga fixed. Kalo bunga fixed, biaya penalty sebesar 2% dari saldo akhir.

Akhmad Firdaus said... Reply Comment

Apakah nanti di mutasi tabungan mapannya kelihatan dana yang sudah dikumpulkan?

peny asti said... Reply Comment

@Akhmad Firdaus:

iya, di mutasi rekening kelihatan jumlah dana yang sudah terkumpul berapa. kalo biasanya aku tiap bulan download mutasi rekeningnya, filenya dalam format PDF, kita bisa simpan untuk arsip pribadi.

Akhmad Firdaus said... Reply Comment

Oya..saya kemarin baru buka tabungan mapan nya tgl 5 maret 2017.dimana setoran rutin jatuh tempo tgl 6..saya kira tgl 6 bulan berikutnya..ternyata tgl 6 bulan maret.untung masih ada dana cadangan buat setoran rutin..dan saya cek dimutasi..
Pembayar terakhir :6 maret 2017
Pembayaran selanjutnya:6 maret 2017..
Bukannya pembayaran selanjutnya tgl 6 april 2017?
Boleh kasih tau skemanya?

peny asti said... Reply Comment

@Akhmad Firdaus:

iya, yang nentukan tanggal berapanya saldo kita di debet dari rekening utama ke rekening mapan adalah kita sendiri, kalo sy minta d debet tiap tanggal 28. kalau agan minta d debet tgl 6, otomatis tgl 6 bulan itu akan saldo akan d debet ke rek mapan.
nanti setiap bulannya setiap tanggal 6 saldo dari rekening utama akan di debet ke rekening mapan, jadi sebelum tanggal 6 sebaiknya rekening utama di isi sejumlah uang untuk keperluan rek mapan.
kalau misalkan agan lupa gak ngisi rek utama dan saldo gak cukup buat di debet ke rek mapan, nanti kena biaya delinquent charge, sebesar Rp. 2500,- per bulan. jadi semisal bulan april nanti gak setor, nanti kena biaya delinquent charge. pas rekening utama udah ada saldo, nanti langsung di debet ke rek mapan. Tapi kalo sampe tgl 6 mei tetep belum ngisi rekening, nanti kena delinquent charge untuk bulan mei sebesar Rp. 2500 juga. tapi kalo misalkan tgl 1 mei agan setor untuk dana mapan bulan april dan mei, yang dikenakan delinquent charge cuma pas april itu aja karena telat.
kalo aq biasanya kena delinquent charge karena pas g ada duit, jadi baru aku setor tanggal 1, hihihi..

enaknya dg sistem begitu kita jadi tertib nabungnya. karena dipaksa sama sistem... kaya bayar kreditan lah,, hihihi..
mungkin selama kita nabung bakalan terasa berat. tapi kalo udah selesai, kita kaya nemu harta karun. hahahahhaa

happy saving..

Akhmad Firdaus said... Reply Comment

Ok makasih penjelasnnya yah...mantap dah..betul kalo gak dipaksa nabung gt duit gak terkumpul2..

Unknown said... Reply Comment

Halloo gann...
Saya mau tanya...
Saya kan bru buat rekening mapan dan biaya setor tiap bulan 300rbu selama 1 tahun... Kalau misalnya aku ad uang lebih dan mau setor lagi ke rekening mapan gmna ya cranya gan? Soalny td cs nya ga respon gt. Dia cma bisa bilang ia aja

nisha monica said... Reply Comment

Halloo gann...
Saya mau tanya...
Saya kan bru buat rekening mapan dan biaya setor tiap bulan 300rbu selama 1 tahun... Kalau misalnya aku ad uang lebih dan mau setor lagi ke rekening mapan gmna ya cranya gan? Soalny td cs nya ga respon gt. Dia cma bisa bilang ia aja

peny asti said... Reply Comment

@nisha monica:


Kalo aq pake internet banking gan. Di internet bankingkan muncul 2 nomor rekening, 1 rekening induk, 1 rekening mapan. Kalau mau transfer ke rek mapan, caranya sama ky transfer biasa gt.. nanti ada pilihan, transfer ke rekening mapan atau ke rek lain, dll. Itu bisa dilakukan sewaktu2. Jadi kalo pas ada rejeki lebih, gak mau uangnya habis gitu aja.. langsung aja transfer dr rekening induk ke rekening mapan. Kalo lewat atm kayaknya jg bisa. Tapi aq blm pernah coba lewat atm

Nisha Monica said... Reply Comment

Oke... Makasih siss infonyaa...
Aku mw nnya siss.. Kok stiap aku login internet banking kok erorr trus yaa trs katanya id ini dipakai.. Padahal aku ga pkai siss... Kalau sis tau mohon banntuannya ya... Tqiu ^^

Nisha Monica said... Reply Comment

Oke... Makasih siss infonyaa...
Aku mw nnya siss.. Kok stiap aku login internet banking kok erorr trus yaa trs katanya id ini dipakai.. Padahal aku ga pkai siss... Kalau sis tau mohon banntuannya ya... Tqiu ^^

peny asti said... Reply Comment

@Nisha Monica:

kalo id sama ky id orang lain kayaknya gak mungkin mbak, soalnya waktu kita daftar i-bank yang buat id kan kita sendiri, trus di verifikasi sm sistemnya cimb. terus untuk login di i-bank juga ada security word. masing-masing user mestinya security wordnya juga beda-beda karena kita sendiri yang nentukan.
lebih baik cepetan ke kantor cabang cimb terdekat mba, biar i-banknya bisa cepet dipake

Hendro said... Reply Comment

Hallo mbak peny asti,

mau tanya tentang link ini,

https://cimb.blibli.com/

saya baru liat promo cimb dan tertarik utk buka tabungan mapan CIMB bisa dapat HP samsung,
saat ini saya punya deposito di CIMB sebesar 80 jt akan cair bln depan (mei 2017).

misal saya mau ambil SKEMA A pada link diatas :

Samsung Galaxy S7 edge

Jangka waktu 5 tahun, setoran awal 53.400.000, rutin bulanan 300rb, target saldo akhir 73.625.000.

nah kalau sy buka tabungan mapan dan lgsg setor 53.400.000, terus bln depan nya sy lgsg setor ke rek tabungan mapan sampai memenuhi target saldo akhir, itu bisa gak ya? karena cm incer HP nya doank uangnya mau dipake lagi hehehe.....jadi di bln k3 apa bs cair itu tabungan mapan nya?

mohon info ya mbak.

terima kasih..

peny asti said... Reply Comment

@Hendro:

setahu saya kalo mapan hadiah itu sistemnya mapan waktu. jadi harus sesuai dengan waktu yang disepakati.
kalo misalkan ambil waktu 5 tahun, tiba2 mau tutup tabungan sebelum waktu jatuh tempo, akan dikenakan biaya pinalty + biaya hadiah yg telah diterima di awal.
sebaiknya agan langsung ke cimb terdekat, minta info dari cs apakah sistem promo itu dengan sistem mapan waktu apa mapan dana.

Rahayu Asri said... Reply Comment

Hai mba saya mau tanya dong... saya kan ikut tabungan mapan tanggal penarikan dari rekening induknya tanggal 13. Kemaren saya waktu tanggal 13 mei kelewat rekening induk saya kosong ga ada yang bisa ditarik..

Kalo kelewat gitu gimana ya mba bualan depan jadi di tarik double apa gimana? Kemaren tanggal 15 mei saya isi saldo di rekening induk tapi ga ada penarikan..


Mohon info nya ya mba terimakasih

peny asti said... Reply Comment

@Rahayu Asri:

kalau rek utama saldonya gak cukup buat di debet ke rek mapan, nanti kena biaya delinquent charge, sebesar Rp. 2500,- per bulan.
pas rekening utama udah ada saldo, nanti langsung di debet ke rek mapan.

phe fherita said... Reply Comment

Aku jg pakai tabungan mapan tiao bulan di potong 300 n kalo aku Ada kelebihan uang psti tk tabungin jg. Enakan gtu soalny udah pasti gak prlu pusing nnt uang ke pake atau apalah.

Endut said... Reply Comment

Waktu pemindahan saldo dari rekening mapan ke rekening induk brp lama ya mas? Soalnya kemarin saya udah transfer ke rek mapan buat nutup target 10jt, tp sampe hr ini masih blm pindah saldo yg direk mapan ke saldo rek induk saya.. Mohon pencerahannya mas, barangkali tau solusinya.. Trmksh

Imam Mustafa said... Reply Comment

Mbak tabungan mapan saya udah jatuh Tempo tapi kenapa belum cair juga ya ? Apa harus ke Bank nya buat cairannya ?

Imam Mustafa said... Reply Comment

Mbak tabungan mapan saya udah jatuh Tempo tapi kenapa belum cair juga ya ? Apa harus ke Bank nya buat cairannya ?

peny asti said... Reply Comment

@phe fherita:

iya, bener mbak,, karena sifatnya yang memaksa, jadi mau gak mau memang kita jadi bisa ngumpulin uang.

thank you for sharing..

peny asti said... Reply Comment

@Endut:

info dari petugas cimb niaga sih kalo dana udah mencapai target, otomatis akan masuk ke rekening induk.
tapi pengalaman kemarin waktu aq nutup rekening mapan (butuh duit bangeeeet), hehehe.. sebenernya belum sampai jatuh tempo, karena ada kebutuhan mendesak akhirnya aq tutup.
prosesnya cepet g sampe sejam, tapi memang cs cimb niaga tempat sy menabung harus minta acc dulu dari pimpinan wilayah, kalo aq kmrn cabang blitar minta acc ke cabang malang. setelah ada email acc langsung cair.

coba konfirmasi ke kantor cimb langsung mas/mba

peny asti said... Reply Comment

@Imam Mustafa:

pertanyaannya sama kaya yg atas ya.. sebenernya info dari petugas cimb, kalo jatuh tempo bisa langsung cair ke rek induk. tapi kalo yang ditungggu-tunggu tak datang jua, lebih baik langsung ke kantor mas, hehehehee

Kiki Aidemz said... Reply Comment

Riba dan saya akan berhenti di tabungan mapan

Ririn Tifany said... Reply Comment

Selamat siang.
Saya mau bertanya
Saya nabung jangka pendek 6 bulan
Dan saya tidak melanjutkan
Terakhir penarikan tabungan tgl.26 bulan 8
Kira2 nunggu berapa hari kerja lgi y saya bs menarik semua tabungan saya?
Mohon informasinya..terimakasih

peny asti said... Reply Comment

@Kiki Aidemz:

terimakasih sudah berbagi pendapat dan pengalaman :)

peny asti said... Reply Comment

@Ririn Tifany:

maaf mba, mbak pake produk tabungan apa? kalau yg mbak maksud tabungan MAPAN, setelah waktu jatuh tempo, dana tabungan MAPAN akan masuk ke rekening utama.

kalau yang mbak maksud deposito, kalau deposito yg sistemnya ARO, berarti dia akan perpanjangan secara otomatis setelah jatuh tempo. kalau non ARO, deposito akan langsung masuk ke rekening induk beserta bunganya.

untuk lebih jelasnya bisa langsung ke CS kantor CIMB Niaga tempat pembukaan rekening mbak

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews